Wednesday, June 6, 2007

Islamisasi di Betawi

Dalam diskusi 'kecil' di Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) awal pekan ini, banyak dipertanyakan sejak kapan penduduk Betawi (Jakarta) memeluk agama Islam. Apakah proses Islamisasi di Jakarta dan sekitarnya baru terjadi sejak Falatihan, panglima Kerajaan Islam Demak menaklukkan Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527. Pendapat ini dibantah keras budayawan Betawi, Drs Ridwan Saidi. Menurut dia, proses Islamisasi di Jakarta dan sekitarnya sudah terjadi jauh lebih awal. Bahkan, lebih dari 100 tahun sebelum kedatangan balatentara Falatehan yang mengusir orang Barat (Portugis) di Teluk Jakarta (sekitar Pasar Ikan). Tepatnya pada tahun 1412, yang digerakkan oleh Syekh Kuro, seorang ulama dari Campa (Kamboja). Pada tahun tersebut, ia telah membangun sebuah pesantren di Tanjung Puro, Karawang. Sementara, Siswadi, dalam tulisan mengenai 'Perkembangan Kota Jakarta,' menulis : 'Dalam abad ke-14 dan 15 kraton-kraton di Jawa sudah menerima Islam karena alasan politik.'

Menurut kitab 'Sanghyang Saksakhanda', sejak pesisir utara Pulau Jawa -- mulai dari Cirebon - Krawang dan Bekasi -- terkena pengaruh Islam yang disebarkan orang-orang Pasai, maka tidak sedikit orang-orang Melayu yang masuk Islam.

Pesantren Syekh Kuro mempunyai santri --salah satunya-- Nyai Subanglarang, salah seorang istri Prabu Siliwangi. Hal ini menunjukkan bahwa proses Islamisasi tidak hanya terjadi pada kalangan rakyat biasa, juga pada tingkat elite. Menurut legenda, Sang Prabu Siliwangi menolak masuk Islam, ketika diimbau oleh putranya Kian Santang atau Pangeran Cakrabuana. Proses Islamisasi di Jakarta dan sekitarnya di abad ke-14 sampai ke-16 tidak dapat dilakukan tanpa menyebut nama-nama besar seperti Kian Santang. Ia tanpa ragu-ragu mengikuti jejak ibunya, memeluk Islam.

Setelah terjadi proses Islamisasi, Prabu Siliwangi lalu ngahyang atau meng-hyang. Menurut Ridwan Saidi, dari sinilah muncul kata : 'parahyangan'. Tapi, menurutnya, hingga sekarang masih menjadi pertanyaan besar: Apakah prabu menolak ajakan putranya masuk Islam, atau menerima ajakan itu secara diam-diam?

Kian Santang, cukup berjasa dalam dakwahnya, termasuk di Jakarta dan sekitarnya. Karena itu, sekalipun dia berasal dari Sunda, tapi mendapat tempat di hati orang Betawi. Penguasa Pajajaran, ketika itu menyebut mereka yang masuk Islam sebagai kaum langgara. Berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya orang-orang yang telah berubah atau beralih kepercayaan. Dan tempat shalat mereka disebut langgar. Karena itu, orang Betawi masih menggunakan istilah langgar sebagai padanan dari mushola. Kaum langgara inilah yang disebut samanan. Seperti kita ketahui, di Jakarta Barat maupun Bekasi ada kampung bernama Semanan.

Salah seorang murid Kian Santang, yang juga menjadi penyebar Islam yang handal adalah Pangeran Papak, seorang adipati dari Tanjung Jaya yang kini lokasinya di Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Ratunya adalah Kiranawati, yang dimakamkan di Ratu Jaya, Depok. Menurut cerita rakyat, bila Ratu Kiranawati bepergian dengan kereta kuda, ia dilepas dengan mengumandangkan adzan.

Dalam diskusi itu, Ridwan menyebutkan, dalam proses Islamisasi, terdapat tujuh wali Betawi. Antara lain, Pangeran Darmakumala dan Kumpi Datuk yang dimakamkan berdekatan, di tepi kali Ciliwung, dekat Kelapa Dua, Jakarta Timur. Kemudian Habib Sawangan, yang dimakamkan di depan Pesantren Al-Hamidiyah, Depok. Pangeran Papak, dimakamkan di Jl Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur. Wali lainnya, Ki Aling, menurut Ridwan, tidak diketahui makamnya. Ketujuh 'wali Betawi' ini, menurutnya, hidup sebelum penyerbuan Fatahilah ke Sunda Kelapa.

Beberapa generasi setelah tujuh wali itu, terdapat Habib Husein Alaydrus yang dimakamkam di Luar Batang, tempat ia membangun masjid pada awal abad ke-18. Kong Jamirun dimakamkan di Marunda, Jakarta Utara. Datuk Biru, makamnya di Rawabangke, Jatinegara. Serta Habib Alqudsi dari Kampung Bandan, Jakarta Utara. Di Mekkah, terdapat Sheikh Junaid Al-Betawi, yang berasal dari Kampung Pekojan, Jakarta Barat. Syekh Junaid, yang kumpi dari Habib Usman bin Yahya, adalah guru dari Syekh Nawawi Al-Bantani, yang mengarang ratusan kitab, tersebar di berbagai negara Islam. Habib Usman, sendiri adalah salah seorang guru dari Habib Ali Alhabsji, pendiri majelis taklim Kwitang, Jakarta Pusat.

Seperti daerah lainnya di Nusantara, Islamisasi di Betawi berlangsung penetration pacifique (penyebaran secara damai). ()

(Oleh Alwi Shahab, dari Republika 13 Januari 2002)

28 comments:

Anonymous said...

Terima kasih atas artikelnya, saya jadi tahu siapa sebenarnya Kian Santang yang namanya menjadi Blog anda.
Kalau begitu, Islam sebenarnya sudah mulai dikenal oleh kalangan keraton Pajajaran bahkan bisa jadi penyebar Islam pertama di Jawa Barat sebenarnya adalah keluarga Prabu Siliwangi sendiri.

Terus Berkarya,

Anonymous said...

Kang, ilaing urang Sunda nya ? Kuring boga pertanyaan, naha enya sejarah Perang Bubat teh sabenerna mah ngan ukur dongeng nu diinspirasi ku sejarah Karbala ? Sok pedar ku ilaing.


Kuring,
Nu nyaah ka lemah cai.

Kian Santang said...

Q anonymous 1
Sama-sama. Terima kasih atas kunjungan dan komennya.
Saya sependapat dengan anda bahwa proses islamisasi di Jawa Barat sudah terjadi jauh sebelum Sunan Gunung Jati, kitab-kitab "kuno" seperti Carita Purwaka menjelaskan hal tersebut. Namun tentu saja patut kita akui bahwa da'wah Sunan Gunung Jati-lah yang terbesar dan tersukses sehingga dapat meng-Islamkan seluruh masyarakat Jawa Barat pada waktu itu.

Kian Santang said...

@anonymous 2
Puguh bae urang Sunda mah.
Cek pamanggih si kuring, Perang Bubat mangrupa fakta sejarah. Lantaran kuring lain ahli sejarah, nya tangtu kudu narima kana eta fakta, kajaba lamun ka hareup aya ahli sejarah nu ngebrehkeun bukti sejarah sejen nu leuwih kuat.
Memang dina seuh-seuhanana mah kajadian perang Bubat teh masih ngandung hal-hal nu bisa diperdebatkeun, upamana naha bet pihak awewe (Dyah Pitaloka) nu kudu diserenkeun ka pihak lalaki (Hayam Wuruk) ? Padahal boh dina tradisi Jawa atanapi Sunda mah, seserenan teh apanan ti pihak lalaki. Jeung lain ti eta anu lamun ditulis dina ieu rohangan bisa jadi hiji artikel.
Ngeunaan perang Bubat jeung Tragedi Karbala memang aya sasaruaanana. Dina Tragedi Karbala, Imam Husain a.s jengkar ti Mekah ka Kuffah enggoning nohonan pangulem ti masyarakat Kuffah. Anjeuna lumaku lain rek maksud perang sarta ku kituna anjeuna henteu nyandak wadia balad tentara, mung ukur nyandak kulawarga katut sahabat anjeuna nu jumlahnya 72 urang. Di tengah perjalanan -nyaeta di tempat nu disebut Karbala- dicegat ku tentara Yazid sarta dihurup nu pamustunganana urang pada terang.
Nya kitu deui dina perang Bubat. Sri Baduga Maharaja jengkar ninggalkeun Karaton Pakuan ka Majapahit pikeun ngaluuhan dahupna putri Dyah Pitaloka ka Prabu Hayam Wuruk. Sasat nu lumaku lain ka medan perang, atuh Sri Baduga henteu nyandak balad tentara nu samakta, ngan ukur lilikuran pangiring karajaan. Di tengah jalan nu disebut Bubat, ieu rombongan panganten teh di cegat sarta dihurup ku rewuan tentara Majapahit pingpinan Gajah Mada.
Kitu sasaruanana mah.

Anonymous said...

Akang "Kian Santang", abdi resep masih keneh aya nu nulis sajarah asal pasundan. Malih langkung saena mah, sok atuh tampilkeun sajarah "Sunda" sanesna. hatur nuhun.

Unknown said...

Assalamualaikum..

Saya mau tanay kang, saya prnah baca sejarah Prabu Kian Santang, beliau masuk islam setelah kalah ilmu dengan Syaidina Ali Bin Abi Thalib di negeri arab.. namun kalo baca sejarah, kerajaan pajajaran/ Prabu Siliwangi kan baru sekitar Thn. 1400an ya??

Jadi yang mana yang bener atuh.. mohon penjelasannya..
Terima kasih
wasalamualaikum,
Harry

Unknown said...

Assalamualaikum..

Saya mau tanay kang, saya prnah baca sejarah Prabu Kian Santang, beliau masuk islam setelah kalah ilmu dengan Syaidina Ali Bin Abi Thalib di negeri arab.. namun kalo baca sejarah, kerajaan pajajaran/ Prabu Siliwangi kan baru sekitar Thn. 1400an ya??

Jadi yang mana yang bener atuh.. mohon penjelasannya..
Terima kasih
wasalamualaikum,
Harry

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]microsoft software product, [url=http://firgonbares.net/]acdsee cannot open /dde c:[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] to buy macromedia flash buy hacking softwares
buy used software [url=http://firgonbares.net/]downloadable software[/url] FileMaker Pro 10
[url=http://firgonbares.net/]adobe photoshop cs4 extended for mac serial number[/url] math education software
[url=http://firgonbares.net/]shop 22 software[/url] academic price software
22microsoft office 2003 ... [url=http://firgonbares.net/]2009 Mac Retail Price[/b]

Anonymous said...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]what photoshop to buy, [url=http://vonmertoes.net/]filemaker pro 10 upgrade[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] coreldraw bit torrent 5 Pro Finale
Pro 8 [url=http://bariossetos.net/]buy cheap adobe software[/url] download adobe acrobat 9 pro extendet
[url=http://bariossetos.net/]buy cheap computer software[/url] free photoshop for macs
[url=http://bariossetos.net/]microsoft camera software[/url] student discounts on software
9 software price [url=http://hopresovees.net/]software resellers wanted[/b]

Anonymous said...

Nuhun ah, mugia nambahan ambahan. Kumargi seueur pisan versina. Aya nu nyebatkeun Ki An Santang benten sareng Pangeran Cakrabuana. An Santang saurna hiji tokoh nu diciptakeun pikeun "ngagogoréng" agama Muhammad (sebutan keur Islam jaman harita). Maenya tega ngudag sepuhna sangkan lebet Islam.
Punten bilih lepat
Hatur nuhun

Anonymous said...

star wars ccg singles [url=http://loveepicentre.com/]christian baptist chat room for singles[/url] outdoor singles http://loveepicentre.com/ tl dating

Anonymous said...

why do juveniles use drugs [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/v.htm]Order Cheap Generic Drugs[/url] aarp pharmacy services products http://usadrugstoretoday.com/products/avandia.htm how did western medicine begin http://usadrugstoretoday.com/products/emsam.htm
ring estate heart setting diamonds gold [url=http://usadrugstoretoday.com/products/viagra-plus.htm]viagra plus[/url] free orgasm sound [url=http://usadrugstoretoday.com/products/mevacor.htm]penis picture galleries[/url]

Anonymous said...

cat urine odors health [url=http://usadrugstoretoday.com/products/fincar.htm]fincar[/url] chemical reaction between mentos and diet coke http://usadrugstoretoday.com/products/rhinocort.htm heritage square health care center http://usadrugstoretoday.com/products/terramycin.htm
caromont health care [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zocor.htm]zocor[/url] america is in the heart [url=http://usadrugstoretoday.com/products/effexor-xr.htm]kingfisher diet[/url]

Anonymous said...

advance medical directive pitfalls [url=http://usadrugstoretoday.com/products/digoxin.htm]digoxin[/url] discount generic medications superstore http://usadrugstoretoday.com/categories/disfunzione-erettile.htm nursing interventions for guillian barre syndrome http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-herpes.htm
coke vitamin [url=http://usadrugstoretoday.com/products/nizoral.htm]nizoral[/url] diabetes self test [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/antibiotici.htm]raspberry leaf tea to induce labor[/url]

Anonymous said...

humana pharmacy list in indiana [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-diabetische.htm]anti diabetische[/url] cervical cancer prevention vitamin d http://usadrugstoretoday.com/products/clozaril.htm three cups of tea characters http://usadrugstoretoday.com/products/zovirax.htm
texas state medical assistance office [url=http://usadrugstoretoday.com/contact.htm]medications without a prescription[/url] hot mineral springs in north carolina [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ed-discount-pack-1.htm]terrance cardinal health center[/url]

Anonymous said...

sausage curing smoke chamber must by squeegeed to dryness [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/1.htm]Online Drugstore[/url] breast enhancement by suction http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-diabetico.htm garlic and heart http://usadrugstoretoday.com/categories/magen-darm.htm
strattera dosage information [url=http://usadrugstoretoday.com/products/imodium.htm]imodium[/url] staph infection symptoms foliculitis [url=http://usadrugstoretoday.com/products/dulcolax.htm]brand names prescription muscle relaxers[/url]

Anonymous said...

http://rxmeds.in/actos/actos-pioglitazone-hcl
[url=http://rxmeds.in/imdur/imdur-drug]teen pregnancy and drugs[/url] masters in clinical pharmacy university of texas austin [url=http://rxmeds.in/acyclovir/acyclovir-affect-side]acyclovir affect side[/url]
nurse drug calculations http://rxmeds.in/premarin/premarin-estrogen
[url=http://rxmeds.in/acidity/cibola-county-water-acidity]at what age do men experince erectile dysfunction[/url] typical institutional professional pharmacy split [url=http://rxmeds.in/allopurinol/allopurinol-150mg]allopurinol 150mg[/url]
list of drug offenders in fairfield county ohio http://rxmeds.in/cozaar/side-of-affect-of-cozaar
[url=http://rxmeds.in/hyzaar/low-hct-and-hyzaar]pharmacy awards[/url] weldricks pharmacy [url=http://rxmeds.in/pregnacy/statistics-on-teen-pregnacy]statistics on teen pregnacy[/url] serm drugs [url=http://rxmeds.in/acyclovir/acyclovir-aldara-allegra-cialis-clarinex-claritin-condylox]acyclovir aldara allegra cialis clarinex claritin condylox[/url]

Anonymous said...

http://havehogwilltravel.com/forum/viewtopic.php?f=5&t=29028 http://whitetigersearch.com/forum/viewtopic.php?f=2&t=160708 http://www.stephaniefulton.com/Forum/viewtopic.php?f=2&t=206877 http://www.poetrybox.com/dxgold/script/phpBB2/viewtopic.php?p=709755#709755
http://www.theweb-loans.com/phpBB2//viewtopic.php?p=289975#289975 http://www.transeurasia.eu/forum/viewtopic.php?f=2&t=213504 http://www.kingwoodgoldparty.com/forum/viewtopic.php?p=11152#11152 http://www.learn-acoustic-guitar.com/acousticguitarforum/viewtopic.php?f=2&t=216150
http://forum.marinecv.com/viewtopic.php?f=2&t=220888 http://super-visiondesign.com/forum/viewtopic.php?f=2&t=121951 http://nod.placidbaseball.com/index.php?showtopic=155732&st=20&gopid=320617&#entry320617

Anonymous said...

southern belles movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_show_people/]show people[/url] sivaji movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_comedy-movies/?page=27 naruto movie four
movie quotes get the camera [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_women/]the women[/url] fastest loading movie player for windows http://moviestrawberry.com/films/film_the_opposite_of_sex/ macquarie movie cinema
free movie converter [url=http://moviestrawberry.com/films/film_trust_the_man/]trust the man[/url] atonement movie
free movie download dvd [url=http://moviestrawberry.com/films/film_harpers_island/]harpers island[/url] movie maker effects downloads http://moviestrawberry.com/films/film_finding_rin_tin_tin/ full hollywood movie downloads free
free erotic movie archives [url=http://moviestrawberry.com/films/film_v_i_warshawski/]v i warshawski[/url] horror movie killer test http://moviestrawberry.com/films/film_running_with_scissors/ praise the lord tbn movie on dvd

Anonymous said...

movie review five [url=http://moviestrawberry.com/films/film_puccini_for_beginners/]puccini for beginners[/url] make an avi movie into a screensaver http://moviestrawberry.com/films/film_adventures_of_johnny_tao/ movie sunglasses
movie defense against invasion [url=http://moviestrawberry.com/films/film_madea_s_family_reunion/]madea s family reunion[/url] mel brooks movie lines http://moviestrawberry.com/films/film_the_prisoner/ the doors full movie
movie scoring forums [url=http://moviestrawberry.com/films/film_corky_romano/]corky romano[/url] kicking and screaming movie
old movie pics romance [url=http://moviestrawberry.com/films/film_zombie_vs_ninja/]zombie vs ninja[/url] engagement long movie review very http://moviestrawberry.com/films/film_the_old_curiosity_shop/ the bee movie uk release date
imelda the movie website [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_private_life_of_plants/]the private life of plants[/url] download mike nicholas movie wit http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_drama-movies/?page=19 movie listings seoul korea nowon

Anonymous said...

wtzcgaj nek yarpg hot latinas

ajrub!

vymqk szohgg zsp hot asian girls

Cing Egenk said...

Assalammu'alaikum..
sebuah referensi yang bagus nih Kang. Salam kenal ya...sekaligus minta izin untuk kopas ke Blog saya. hatur nuhun.
http://lagubetawi.blogspot.com/

Anonymous said...

online payday loans http://www.2applyforcash.com exceldbleva Payday Loans Effesse [url=http://www.2applyforcash.com]Payday Loans[/url] online payday loans Could be the empower latest wildfire android phone.

Anonymous said...

I drink a hot liquid after swimming which cuts my appetite and keeps me warm. Running, biking, jump roping, and hula hooping is the strategy to lose weight here phen375 every diet i tried seemed to be effective for the week or even one or two of weeks, however the progress would suddenly stop. By Linda Orlando - Meditation of countless kinds is used by people all around the world to ease stress and calm your brain. I started watching what I am eating and started to do exercise http://www.phen375factsheet.com the master cleanse, which is essentially drinking lemonade all day and taking laxatives was just the way it sounds - horrible. The amount of lean body mass lost is depending on initial extra fat level and size in the calorie deficit Lean people often lose more lean weight and retain more fat [url=http://www.phen375factsheet.com/]phen375[/url] again, that happens because it is essentially a modified fast where you don't eat replacement calories.

Anonymous said...

[url=http://acheter-cialis-pascher.net/]vente cialis[/url] cialis [url=http://prezzocialisgenerico.net/]cialis generico[/url] cialis in farmacia [url=http://comprarcialissinreceta.net/] cialis sin receta[/url] comprar cialis madrid

Unknown said...

mau tanya nih...
bagaimana perkembangan betawi pada zaman kerajaan pajajaran dan kian santang pada penyebaran agama islam di betawi?
mohon di jawab y...

Unknown said...

mau tanya nih...
bagaimana perkembangan betawi pada zaman kerajaan pajajaran dan kian santang pada penyebaran agama islam di betawi?
mohon di jawab y...

Anonymous said...

Bodoh siah Ridwan Saidi, kamu asal bacot tanpa membaca sejarahnya,
Nama Parahyangan itu bukan karena Prabu Siliwangi NgaHyang lalu disebut Parahyangan.

Parahyangan itu adalah PaRaHyangAn artinya Tempat para Dewa.

Udah lah, gak usah pengen di aku jadi pribumi barat pulau jawa kamu betawi sialan.
udah jelas asal usul betawi itu dari keturunan demak (jawa) dan malaka (malaysia) yg mana dulu beraliansi dan menyerang pajajaran.